Ahli
strategi, Gary Hamel melakukan survey terhadap 500 CEO ditanyai
tentang, “Siapa yang paling banyak mengambil keuntungan dari perubahan
lingkungan bisnis industri dalam 10 tahun terakhir; Apakah pendatang
baru, pesaing tradisional atau perusahaan Anda sendiri?” Jawaban nomor
satu adalah “pendatang baru”.
Mereka
kemudian ditanya “Apakah pendatang baru tersebut berhasil memenangi
persaingan dengan mengambil tindakan lebih cepat atau bisa mengubah
peraturan permainan?” Sejumlah 62 % CEO mengatakan “pendatang baru
mengubah peraturan permainan”. Namun para CEO dari perusahaan yang lama
berkata “masalah kami adalah eksekusi” atau lebih buruk lagi adalah
“strategi itu mudah, yang sulit impementasinya”.
Hal
ini didukung dengan pernyataan Bill Gates, bahwa “Microsoft selalu dua
tahun jauhnya dari kegagalan”. Apa yang dikatakan Bill Gates menunjukkan
bahwa persaingan pada saat ini membuat siklus hidup produk semakin
menyempit, demikian pula siklus hidup strategi juga semakin pendek.
Dengan demikian konsep bisnis apapun, bahkan yang luar biasapun akan
segera kehilangan efisiensi ekonomi. Perbedaan antara menjadi pemimpin
dan pengekor dalam industri tidak dapat lagi diukur dengan dasa warsa
atau sepuluh tahun, tetapi sudah harus dalam tahun atau bulan. Saat ini
tidak bisa lagi strategi untuk satu dasa warsa, tetapi strategi hanya
untuk tahun demi tahun yang mengikuti putaran persaingan yang semakin
cepat.
Pendatang
baru yang mempunyai aturan permainan baru, misalnya adalah Hotmail.
Strategi Hotmail untuk merebut jutaan peselancar dunia maya, dengan
melalui e-mail yang didukung iklan gratis untuk menempatkan situs web di Hotmail tersebut.
Hal ini sangat berbeda dengan yang dilakukan oleh American On Line (AOL)
pada saat pertama kali meraih konsumennya, yaitu dengan besar-besaran
melalui disket pendaftaran ke AOL. Dana yang lebih besar dan kemampuan
yang lebih tidak di AOL tidak cukup untuk memenangkan persaingan dengan
Hotmail. AOL hanya meraih 18 juta pelanggan. Sedangkan Hotmail dari 0
menjadi 10 juta pelanggan. Pada pertengahan 1999, menggelembung menjadi
40 juta dan akhirnya Hotmail menjadi sasaran akuisisi utama Microsoft.
Charles
Schwab dan Fidelity mengubah permainan baru dalam bidang keuangan dan
perbankan yaitu dengan menganggap bahwa nasabah bank tersebut bukan
hanya nasabah tetapi juga investor. Maka yang terjadi dalam dasa warsa
terakhir, bank-bank kehilangan hampir separuh pangsa pasar pada aset
finansial rumah tangga direbut pemain baru, seperti Charles Schwab dan
Fidelity.
Kata seorang CEO “Dulu, saya menghabiskan sebagian besar waktu tentang bagaimana-bagaimana kami mengerjakannya? Bagaimana kami mengoperasikannya? Bagaimana efisiensi kami?.
Sekarang saya lebih banyak menghabiskan waktu memikirkan apa-kesempatan
apa yang dapat dikejar? Aliansi apa yang dapat dibentuk? Teknologi apa
yang bisa mendukung? Eksperimen apa yang harus dimulai?
Inti utamanya adalah ketika perusahaan telah memeras hingga 5 % efisiensi terakhir dengan bagaimana, maka orang lain akan menciptakan apa yang baru atau membuat aturan permainan baru. Itulah revolusi strategi untuk meraih kemenangan di era persaingan pada dasa warsa terakhir ini yang penuh dengan kesulitan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar