NKN NEWS STICKER

Akibat imbas debu vulkanik gunung Kelud, di Mojokerto kini langka masker. Bahkan dibeberapa apotik dan swalayan juga habis

Sabtu, 15 Februari 2014

Menyikapi SMS Reward Melimpah

Setiap orang tentu pernah mendapatkan SMS yang menjanjikan reward atau hadiah menggiurkan. Modusnya dengan dalih dihubungi pertelepon tidak diterima maka melalui SMS atau lainnya. Biasanya "redaksi" yang disuguhkan lewat SMS itu hampir sama, bahkan dari sumber yang sama. Namun begitu seringnya mendapat SMS tersebut , ternyata yang membedakan hanya nomor hp atau teleponnya.

Bila ditinjau dari hak azazi manusia,   apa bedanya modus reward melalui SMS dengan lotre? Mereka memiliki hak yang sama dengan stragei yang mungkin berbeda. Sepertinya mereka menggunakan berbagai nomor operator dan dengan jumlah yang begitu banyak. Kalau bolek dikatakan ini adalah menjaring "probabilitas" terhadap "mangsanya". Begitu pula lotre, kita dihadapkan pada probabilitas, antara "kena" atau "luput".

Secara kasat mata tanpa disadari (mungkin juga oleh si peng SMS) modus ini dapat secara cepat diketahui resmi atau tidak resminya. Apalagi beberapa SMS reward ini kadang mengatasnamakan sebuah institusi (baca:operator seluler tertentu) namun bisa diketahui dari nomor hp nya yang menggunakan nomor2 "reguler" pelanggan biasa. Bukan menggunakan nomor "broadcant" yang menyebutkan langsung dari operator mana SMS ini dikirim. Dalam situasi perekonomian seperti saat ini, kita tidak bisa menyalahkan mereka. Mereka juga mengais rejeki dengan modus ini dan tidak memaksa atau menekan orang harus apply, keculi si penerima mengikuti arahan dari SMS tersebut.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu.
  1. Jangan terlalu dini memutuskan bahwa ini adalah penipuan.Perlu diingat apakah kita pernah berhubungan dengan sebuah institusi yang melaksanakan undian/reward atau sejenisnya. Sebagai contoh pernah mengirim / apply dalam sebuah undian / reward. Hal ini penting , siapa tahu kita memang mendapatkannya!
  2.  Lihat sumbernya. Umumnya setiap operator mengirim SMS akan muncul / ter broadcast nama institusinya bukan nomor hp. Bila Anda ragu for get it saja.
  3. Ada beberapa SMS juga menyajikan dan memberikan no PIN hadiah yang bisa dikonfirmasikan melalui web site, dan itu memang benar alias cocok. Situs situs resmi perusahaan besar biasanya membuat domain sendiri contoh www."nama perusahaan".co.id dll. jarang menggunakan blog (blogspot.com). Memang mungkin ada yang sudah menggunakan com (commecial) juga.
  4. Bila sudah memutuskan tidak yakin akan SMS tersebut, sudah putuskan saja dan jangan berusaha untuk menghubungi baik call amupun SMS, 4 get iti saja! Atau kalau sekedar mengunjungi saja web sitenya tidak apa-apa.
  5. Tidak perlu melakukan "konfrontasi" dengan sumber SMS tersebut. Seperti saya sampaikan mereka itu juga mengais rejeki.
  6. Selalu berhati-hati dalam setiap menerima kabar reward melalui media apapun.
Semoga terhindar!
***NKN

Gambar: Sumber dari internet.

Tidak ada komentar:

Terimakasih Atas Kunjungannya. Semoga Bermanfaat