NKN NEWS STICKER

Akibat imbas debu vulkanik gunung Kelud, di Mojokerto kini langka masker. Bahkan dibeberapa apotik dan swalayan juga habis

Jumat, 18 Maret 2011

Telkomsel anggarkan Rp20 miliar untuk fasilitasi ARF-Direx

JAKARTA: Telkomsel mengalokasikan anggaran lebih dari Rp20 miliar untuk menyediakan perangkat jaringan telekomunikasi Forum Penanggulangan Bencana ARF-Direx 2011.
Sarwoto Atmosutarno, Direktur Utama Telkomsel mengatakan pihaknya mendukung penuh kelancaran forum tersebut melalui penyediaan kapasitas dan kualitas jaringan.

“Kami menyediakan peralatan dan menerjunkan personel tim penanggulangan bencana Telkomsel [Terra] dalam simulasi latihan penanganan bencana di forum tersebut. Keberadaan telekomunikasi sangat vital, terutama di daerah yang mengalami bencana,” ujarnya hari ini.

Menurut dia, sambungan telekomunikasi sangat membantu baik bagi para korban dan pengungsi serta seluruh kru yang bertugas mengevakuasi dan memulihkan daerah bencana.

Telkomsel mengalokasikan anggaran lebih Rp20 miliar dengan menyediakan 6 unit Combat Mobile BTS yang terdiri dari mobil, generator, tower 36 m, handphone set, laptop, software network, dan minilink.
berpartisipasi dalam Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF Direx) 2011, di kota Tinutuan Manado, Sulawesi Utara.

Telkomsel di bawah komando Kemenkominfo menerjunkan sekitar 21 personel untuk mengikuti latihan penanggulangan bencana yang menjamin ketersediaan jaringan telekomunikasi dan media center dalam pemulihan bencana.

Dalam kegiatan tersebut operator itu juga memfasilitasi penyediaan media center dengan Wi-Fi router untuk 5 user masing-masing satu unit di desa Wori dan dua unit di Hotel Ritzy. Adapun untuk lebih mengoptimalkan media center yang disediakan, Telkomsel juga melengkapi dengan perangkat telepon USO yang terdiri dari satu set fixed wireless telephone (FWT), satu kamar bicara umum (KBU), kartu perdana Telkomsel berikut pulsanya.

Selama ini Telkomsel telah terlibat dalam membantu pemulihan bencana, seperti bencana alam Wasior, Mentawai, dan Merapi. Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkomsel fokus pada pemulihan cepat dalam perbaikan jaringan telekomunikasi dan penyediaan layanan telepon gratis bagi para korban dan pengungsi.
ARF Direx yang berlangsung mulai tanggal 15 hingga 19 Maret 2011 merupakan latihan penanggulangan bencana alam yang melibatkan kerjasama antara negara-negara internasional dan regional.

Latihan penanggulanan bencana yang digelar dalam acara ini meliputi perbaikan akses jalan dan jembatan, penyediaan kebutuhan air bersih, dukungan logistik, penyediaan dapur umum, bantuan kesehatan, tempat penampungan pengungsi dan korban, serta pemulihan jaringan telekomunikasi termasuk media center.

Acara ini diikuti oleh sekitar 3.500 peserta dari 26 negara, di antaranya Jepang, Amerika, Korea Selatan, Cina, Singapura, dan Uni Eropa. Latihan bersama dalam menanggulangi bencana ini dimaksudkan agar terjalin koordinasi dan tindakan recovery yang lebih efektif dan sistematis.

Tidak ada komentar:

Terimakasih Atas Kunjungannya. Semoga Bermanfaat