NKN NEWS STICKER

Akibat imbas debu vulkanik gunung Kelud, di Mojokerto kini langka masker. Bahkan dibeberapa apotik dan swalayan juga habis

Minggu, 14 Agustus 2011

Dengan 2 Kelopak Mata, Semua Hanya Satu

Salah satu  organ penting bagi manusia adalah mata. Mata sebagai pendeteksi  cahaya apakah lingkungan sekitar terang atau gelap. Lebih komplek mata mempunyai peran memberikan pengertian visual. Setiap manusia normal memiliki sepasang mata, mata kanan dan mata kiri. Melalui mata manusia dapat melihat segal sesuatu isi dunia ini dengan segala visualnya. Berbagai warna dengan bantuan cahaya.

Secara fisik organ mata bagian luar terdiri dari bulu mata, alis mata dan kelopak mata, sedangkan organ dalam jauh lebih komplek , karena organ dalam ini yang memiliki peran penting dalam merefleksikan obyek yang ditangkap, kornea, pupil, lensa mata, retina dan syaraf mata.

Alhamdulillah dengan kebesaranNya sepasang mata yang masing-masing menangkap sebuah obyek, akan diterjemahkan dalam satu objek, padahal kalau kita pejamkan salah satu mata objekpun satu, begitu dua mata terbuka maka objekpun juga satu. Memang ada teknik memunculkan dua obejk yang kita lihat dengan menekan kelopak mata ke atas ataupun ke bawah. Hal ini terjadi ketidak samaan sudut padang antara mata yang satu dengan mata yang lain.

Dalam arti lain apa yang kita pandang dengan sepasang mata atau dua buah kelopak mata maka akan diterjemahkan satu objek saja. Namun terkadang setelah melalui proses, tak jarang kita melihat objek yang telah diterjemahkan mata tersebut kemudian diolah dalam berbagai persepsi. Karena mata hanya bisa memberikan visual tentang objek yang kita tangkap.

Hal lain begitu kita melihat sebuak sosok kepribadian, dalam visual, memang nampak sebuah kepribadian itu hanya satu objek saja, namun kemudian kita akan banyak menterjemahkan bermacam-macam persepsi kepribadian tersebut. Apakah ini sebuah manipulasi? Kenapa kita tidak bisa memandang satu bojek kepribadian itu apa adanya, dalam satu sisi saja yaitu yang beraura positip tentang sosok kepribadian tadi? seperti yang diterjemahkan oleh mata?

Apakah memang karena masing-masing kelopak mata manusia terdiri dari mata yang berorientasi pada aura positip dan yang lainnya negatif terhadap sosok kepribadian? hingga kemudian melalui proses menimbulkan berbagai persepsi dan penialaian terhadap sebuah kepribadian?

Ya dengan dua buah kelopak mata manusia bisa membuat satu visi dalam hidupnya, meski seiring perkembangan kejiwaan visi itu selalu berubah-rubah? Kalau dengan dua mata kita melihat satu kesatuan, mengapa Allah menciptakan manusia dengan dua kelopak mata pada setiap manusia? Allahua'lam. Mudah-mudahan Anda paham apa yang saya maksudkan ini. Karena yang ada dalam pemikiran saya lebih dari apa yang saya tuangkan dalam tulisan ini.(Nanagkris-puasa 14)


Tidak ada komentar:

Terimakasih Atas Kunjungannya. Semoga Bermanfaat